Berhati-hatilah Saat Memancing di Kebun Sawit: Ada Resiko Diterkam Buaya!

Kabarmalut.co.id – Mendekati habitat buaya adalah situasi berbahaya yang perlu dihindari dengan segala cara. Saat memancing di daerah yang dikenal memiliki populasi buaya, penting untuk tetap waspada dan mengikuti pedoman keselamatan yang dianjurkan. Dengan kata lain, buaya tidak hanya ada di pinggiran sungai, muara, atau di rawa-rawa. Di perkebunan sawit yang sepi pun, hewan reptil buas ini bisa saja ada karena saluran irigasi kebun yang tersambung dengan aliran sungai. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keselamatan saat memancing di kebun sawit atau daerah dengan potensi keberadaan buaya.

1. Kenali Lingkungan Sekitar

Sebelum memulai aktivitas memancing, pelajari dan pahami lingkungan sekitar. Kenali tempat-tempat yang mungkin menjadi habitat buaya seperti sungai, rawa, atau kolam. Kamu bisa mendapatkan informasi ini dengan melakukan riset di internet, ataupun bertanya pada orang-orang lokal di kawasan tersebut.

2. Hindari Daerah yang Berbahaya

Jauhi daerah yang terlihat memiliki tanda-tanda keberadaan buaya, seperti sungai dengan lumpur yang dalam, atau pantai yang curam dan berbatu. Hindari berdiri di tepi air yang berbatu atau berkerikil, karena buaya bisa bersembunyi di sana.

3. Selalu Waspada

Selalu perhatikan sekitar Anda saat memancing dan tetap waspada terhadap tanda-tanda keberadaan buaya seperti gerakan air atau suara mendesis. Buaya biasanya memperhatikan mangsanya sebelum menyerang, jadi jika Anda melihat tanda-tanda keberadaan buaya, segera pindah ke tempat yang lebih aman.

4. Jangan Pergi Sendirian

Menurut rekomendasi para “Angler” profesional di Striker.ID, Anda disarankan untuk memancing dengan teman atau keluarga daripada sendirian. Dengan memiliki rekan, Anda dapat saling memperhatikan dan memberikan pertolongan dalam situasi darurat.

5. Gunakan Peralatan yang Aman

Pastikan untuk menggunakan peralatan memancing yang kokoh dan tahan lama, dan hindari mengenakan perhiasan yang mencolok atau barang-barang berkilau yang bisa menarik perhatian buaya.

6. Pelajari Tindakan Darurat

Ketahui prosedur darurat yang harus diikuti jika Anda atau teman Anda diserang oleh buaya. Ini termasuk cara mengeluarkan diri dari cengkeraman buaya dan memberikan pertolongan pertama pada korban serangan.

7. Patuhi Peraturan Lokal

Ikuti semua peraturan dan peringatan yang ada di daerah tersebut, termasuk larangan berenang di sungai atau kolam yang diketahui memiliki populasi buaya. Ingatlah bahwa buaya adalah hewan liar yang bisa berbahaya, dan mereka harus dihormati dan dihindari. Dengan menjaga kewaspadaan dan mengikuti pedoman keselamatan yang dianjurkan, Anda dapat menjaga keselamatan diri dan orang lain saat memancing di daerah yang memiliki potensi keberadaan buaya.